MAKALAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DAN INFORMASI MASA KINI DI
INDONESIA
Oleh:
Nama : DWI JADI UTOMO
SEKOLAH TINGGI ELEKTRONIKA & KOMPUTER
PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi
Allah Swt yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh
kemudahan. Tanpa pertolongan Dia mungkin saya tidak akan sanggup menyelesaikan
dengan baik.
Makalah ini disusun
agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang “Sejarah Perkembangan Komputer”,
yang saya sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini saya
susun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri saya sendiri
maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama
pertolongan dari Allah Swt akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
Makalah ini memuat
tentang “Perkembangan Teknologi dan Informasi Masa Kini” yang menjelaskan
tentang “Perkembangan Teknologi dan Informasi di Indonesia”. Saya juga
mengucapkan banyak terima kasih kepada dosen yang telah membimbing saya agar
dapat menyelesaikan makalah ini.
Semoga makalah ini
dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini
memiliki kelebihan dan kekurangan. Saya mohon untuk saran dan kritiknya. Terima
kasih.
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL...................................................................... i
KATA
PENGANTAR................................................................... ii
DAFTAR
ISI.................................................................................. iii
BAB
I PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG.............................................................................. 1
BAB II PEMBAHASAN.............................................................. 5
OPINI
PERKEMBANGAN ILMU INFORMATIKA.................................. 10
FAKTA TENTANG PERKEMBANGAN ILMU
INFORMATIKA............ 13
KEBERADAAN BEBERAPA PROGRAM STUDI IT................................ 15
PERKEMBANGAN, IMPLIKASI, DAN
PEMANFAATAN TI................. 16
CONTOH LAIN
PEMANFAATAN ATAS PERKEMBANGAN TI............... 19
BAB III PENUTUP
KESIMPULAN............................................................................................... 21
PENDAPAT..................................................................................................... 23
DAFTAR PUSTAKA.................................................................... 24
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
Di
era globalisasi sekarang semua teknologi semakin berkembang pesat. Dengan
perkembangan teknologi itu pasti akan berpengaruh terhadap kehidupan di muka
bumi. Pengaruh tersebut sangat dirasakan oleh manusia dalam memenuhi kebutuhan
sehari-hari. Perubahan kehidupan zaman sekarang sangat drastis dibandingkan
zaman dahulu. Walaupun perubahan itu memberikan dampak yang lebih baik dari
sebelumnya tetapi pasti ada dampak buruk walaupun tersirat.Perkembangan
teknologi sekarang sangat mencolok pada penggunaan teknologi komputer. Dimana-mana
semua pekerjaan yang dilakukan tidak ada yang tidak menggunakan komputer. Jaringan
komputer tersebar diamanapun sehingga mudah dan cepat mendapatkan informasi. Informasi
yang diperoleh tidak mencakup kawasan lokal (nasional) saja tetapi juga kawasan
internasional. Mendapatkan suatu informasi terbaru dari suatu negara ke negara
lain bisa dengan hitungan menit untuk memperolehnya. Dengan perkembangan
teknologi yang diiringi perkembangan ilmu informatika dapat diperoleh teknologi
yang semakin baru. Tetapi untuk menghasilkan sumber daya manusia bidang
informatika harus adanya pendidikan yang lebih baik sebelum terjun ke dunia
teknologi informasi dan komunikasi. Orang – orang informatika adalah
orang-orang yang mempelajari dua ilmu sekaligus. Karena ilmu informatika adalah
gabungan dari ilmu murni dan terapan. Oleh karena itu sangat dibutuhkan sekali
ilmu informatika terutama di Indonesia.
Perkembangan
Teknologi Informasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan
dimulai sampai dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan elife,
artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara
elektronik. Dan sekarang ini sedang semarak dengan berbagai huruf yang dimulai
dengan awalan e seperti e-commerce, e-government, e-education, e-library,
e-journal, e-medicine, elaboratory, e-biodiversitiy, dan yang lainnya lagi yang
berbasis elektronika. Penerapan teknologi informasi telah begitu pesat. Banyak
hal yang menguntungkan pengguna namun juga sering membawa dampak tidak
menyenangkan. Sopan santun berkomunikasi melalui teknologi seperti telepon
seluler (ponsel), dan penggunaan teknologi internet cenderung terabaikan dan
tidak memperhatikan iptak . Penggunaan teknologi sering tidak memperhatikan
etika berkomunikasi tidak hanya itu saja dampak dari era globalisasi yang
terjadi saat ini begitu banyak video yang tidak semestinya mereka unduh kedalam
internet . Kemajuan teknologi perlu perlindungan menyeluruh akan informasi jati
diri kita agar tidak disalahgunakan untuk keperluan-keperluan yang mengganggu.
Seiring perkembangan TI di masyarakat muncul
Teknologi
sudah menjadi bagian dari kehidupan yang tak terpisahkan. Mengulas merupakan
hal yang wajar bahkan harus bila tak ingin ketinggalan zaman. Perubahan waktu
dan struktur masyarakat sangat berkaitan erat dengan perkembangan teknologi.
Teknologi
informasi adalah bagian dari teknologi yang tak terpisahkan. Teknologi
informasi menfokuskan kajian dan bidang garapanya pada bagaimana sebuah
informasi menyebar menggunakan sarana teknologi. Dalam laman wikipedia online,
disebutkan bahwa Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan
barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
Sehingga teknologi terbaru selalu dapat memudahkan manusia dalam pekerjaan
harian atau yang lebih spesifik.
Sedangkan
teknologi informasi yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah
Information technology (IT) merupakan istilah umum untuk teknologi apa pun yang
membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau
menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan
tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan
hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga
elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel). Teknologi informasi
terbaru seakan membuat dunia yang baru dari dunia yang nyata ini.
Dikaksudkan
dengan dunia baru karena banyak peralatan elektronik yang memudahkan sekaligus
menjadikan hidup lebih mudah, namun juga menjadikan ketergantungan yang tinggi
bahkan tak bisa dipisahkan terhadap teknologi informasi. Masakini merupakan
masa dimana teknologi informasi berkembang cepat, hal ini ditandai dengan
banyaknya produk teknologi informasi yang mutakhir dan terbaru.
Contoh
teknologi informasi terbaru adalah ponsel pintar yang merupakan alat komunikasi
genggam dimana hampir seluruh data informasi diri kita bisa disimpan.
Kegunaanya juga bisa berbagai hal mulai dari berbicara jarak jauh atau
menelphone orang lain, komunikasi video realtime hingga browsing dan mencari
arah gedung atau kota tujuan.
Adajuga
teknologi yang kiranya akan menggantikan buku yaitu ebook reader yang tipis dan
lebih ramah lingkungan karena buku berbentuk elektronik dan disimpan dalam
device yang mudah dibawa kemana-mana. Begitupa tablet, bentuk kecil dan terbaru
dari sebuah komputer ini dengan mudah dapat dibawa kemana saja dan memiliki
baterai dengan daya tahan yang lama. Semoga sekelumit artikel teknologi
informasi terbaru ini dapat memberikan pencerahan dan manfaat bagi kita semua.
BAB II
PEMBAHASAN
Teknologi
Informasi dilihat dari kata penyusunnya adalah teknologi dan informasi. Secara
mudahnya teknologi informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses
penyampaian informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengiriman
informasi tersebut akan lebih cepat lebih luas sebarannya, dan lebih lama
penyimpanannya. Agar lebih mudah memahaminya mari kita lihat perkembangan di
bidang teknologi informasi. Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi
melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi. Bahasa memungkinkan seseorang
memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain. Tetapi bahasa yang
disampaikan dari mulut ke mulut hanya bertahan sebentar saja, yaitu hanya pada
saat si pengirim menyampaikan informasi melalui ucapannya itu saja. Setelah
ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan si penerima itu akan
dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga
terbatas. Untuk jarak tertentu, meskipun masih terdengar, informasi yang
disampaikan lewat bahasa suara akan terdegradasi bahkan hilang sama sekali.
Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan
gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan
disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan
lebih lama. Beberapa gambar peninggalan jaman purba masih ada sampai sekarang
sehingga manusia sekarang dapat mencoba dan memahami informasi yang ingin
disampaikan pembuatnya .Ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara
penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu
gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, atau
dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII diganti dengan 1943. Teknologi dengan
alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi itu.Kemudian, teknologi
percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. Teknologi
elektronik seperti radio, tv, komputer mengakibatkan informasi menjadi lebih
cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan. Evolusi
Ekonomi Global Sampai dua ratus tahun yang lalu ekonomi dunia bersifat agraris
dimana salah satu ciri utamanya adalah tanah merupakan faktor produksi yang
paling dominan. Sesudah terjadi revolusi industrim perancis dan inggris, dengan
ditemukannya mesin uap, ekonomi global berevolusi ke arah ekonomi industri
dengan ciri utamanya adalah modal sebagai faktor produksi yang paling penting.
Menjelang peralihan abad sekarang inl, cenderung manusia menduduki tempat
sentral dalam proses produksi, karena tahap ekonomi yang sedang kita masuki ini
berdasar pada pengetahuan (knowledge based) dan berfokus pada informasi
(information focused). Dalam
hal
ini telekomunikasi dan informatika memegang peranan sebagai teknologi kunci
(enabler technology) penting dalam era globalisasi saat ini . Kemajuan
teknologi informasi dan telekomunikasi begitu pesat, sehingga memungkinkan
diterapkannya cara-cara baru yang lebih efisien untuk produksi, distribusi dan
konsumsi barang dan jasa. Proses inilah yang membawa manusia ke dalam
Masyarakat atau Ekonomi Informasi. Masyarakat baru ini juga sering disebut
sebagai masyarakat pasca industri.
Apapun
namanya, dalam era informasi, jarak fisik atau jarak geografis tidak lagi
menjadi faktor dalam hubungan antar manusia atau antar lembaga usaha, sehingga
jagad ini menjadi suatu dusun semesta atau “Global village. Sehingga sering
kita dengar istilah “jarak sudah mati” atau “distance is dead” makin lama makin
nyata kebenarannya.Peran Teknologi Informasi Dalam kehidupan kita dimasa
mendatang, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi merupakan sektor yang
paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini, maka dia akan menjadi
pemimpin dalam dunianya. Teknologi informasi banyak berperan dalam
bidang-bidang antara lain . Bidang pendidikan(e-education). Globalisasi telah
memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari pendidikan tatap
muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka (Mukhopadhyay M.,
1995). Sebagai contoh kita melihat di Perancis proyek “Flexible Learning ?. Hal
ini mengingatkan pada ramalan Ivan Illich awal tahun 70-an tentang “Pendidikan
tanpa sekolah (Deschooling Socieiy)” yang secara ekstrimnya guru tidak lagi
diperlukan.Bishop G. (1989) meramalkan bahwa pendidikan masa mendatang akan
bersifat luwes (flexible), terbuka, dan dapat diakses oleh siapapun juga yang
memerlukan tanpa pandang faktor jenis, usia, maupun pengalaman pendidikan
sebelumnya. Tony Bates (1995) menyatakan bahwa teknologi dapat meningkatkan
kualitas dan jangkauan bila digunakan secara bijak untuk pendidikan dan
latihan, dan mempunyai arti yang sangat penting bagi kesejahteraan ekonomi.
Dari
ramalan dan pandangan para cendikiawan di atas dapat disimpulkan bahwa dengan
masuknya pengaruh globalisasi, pendidikan masa mendatang akan lebih bersifat
terbuka dan dua arah, beragam, multidisipliner, serta terkait pada produktivitas
kerja saat itu juga Dan kompetitif. Kecenderungan dunia pendidikan di Indonesia
di masa mendatang adalah:
-
Berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh (Distance
Learning). Kemudahan untuk menyelenggarakan pendidikan terbuka dan jarak jauh
perlu dimasukan sebagai strategi utama.
-
Sharing resource bersama antar lembaga pendidikan / latihan dalam sebuah
jaringan
-
Perpustakaan & instrumen pendidikan lainnya (guru, laboratorium) berubah
fungsi menjadi sumber informasi daripada sekedar rak buku.
-
Penggunaan perangkat teknologi informasi interaktif, seperti CD-ROM Multimedia,
dalam pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan Video. Dengan adanya
perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan, maka pada saat ini
sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh dengan menggunakan media
internet untuk menghubungkan antara mahasiswa dengan dosennya, melihat nilai
mahasiswa secara online, mengecek keuangan, melihat jadwal kuliah, mengirimkan
berkas tugas yang diberikan dosen dan sebagainya, semuanya itu sudah dapat
dilakukan. Faktor utama dalam distance learning yang selama ini dianggap
masalah adalah tidak adanya interaksi antara dosen dan mahasiswanya atau tatap
muka. Namun demikian, dengan media internet sangat dimungkinkan untuk melakukan
interaksi antara dosen dan siswa baik dalam bentuk real time (waktu nyata) atau
tidak. Dalam bentuk real time dapat dilakukan misalnya dalam suatu chatroom,
interaksi langsung dengan real audio atau real video, dan online meeting dan tidak
hanya itu saja mungkin jaman sekarang pekerja tidak perlu datang kekantor lagi.
Yang tidak real time bisa dilakukan dengan mailing list, discussion group,
newsgroup, dan buletin board. Dengan cara di atas interaksi dosen dan mahasiswa
di kelas mungkin akan tergantikan walaupun tidak 100%. Bentuk-bentuk materi,
ujian, kuis dan cara pendidikan lainnya dapat juga diimplementasikan ke dalam
web, seperti materi dosen dibuat dalam bentuk presentasi di web dan dapat di
download oleh siswa. Demikian pula dengan ujian dan kuis yang dibuat oleh dosen
dapat pula dilakukan dengan cara yang sama. Penyelesaian administrasi juga
dapat diselesaikan langsung dalam satu proses registrasi saja, apalagi di
dukung dengan metode pembayaran online. Suatu pendidikan jarak jauh berbasis
web antara lain harus memiliki unsur sebagai berikut:
(1)
Pusat kegiatan siswa; sebagai suatu community web based distance learning harus
mampu menjadikan sarana ini sebagai tempat kegiatan mahasiswa, dimana mahasiswa
dapat menambah kemampuan, membaca materi kuliah, mencari informasi dan
sebagainya.
(2)
Interaksi dalam grup; Para mahasiswa dapat berinteraksi satu sama lain untuk
mendiskusikan materi-materi yang diberikan dosen. Dosen dapat hadir dalam group
iniuntuk memberikan sedikit ulasan tentang materi yang diberikannya
(3)
Sistem administrasi mahasiswa; dimana para mahasiswa dapat melihat informasi
mengenai status mahasiswa, prestasi mahasiswa dan sebagainya.
(4)
Pendalaman materi dan ujian; Biasanya dosen sering mengadakan quis singkat dan
tugas yang bertujuan untuk pendalaman dari apa yang telah diajarkan serta
melakukan test pada akhir masa belajar. Hal ini juga harus dapat diantisipasi
oleh web based distance learning
(5)
Perpustakaan digital; Pada bagian ini, terdapat berbagai informasi kepustakaan,
tidak terbatas pada buku tapi juga pada kepustakaan digital seperti suara,
gambar dan sebagainya. Bagian ini bersifat sebagai penunjang dan berbentuk
database.
(6)
Materi online diluar materi kuliah; Untuk menunjang perkuliahan, diperlukan
juga bahan bacaan dari web lainnya. Dalam Bidang Pemerintahan (e-government).
E-government mengacu pada penggunaan teknologi informasi oleh pemerintahan,
seperti menggunakan intranet dan internet, yang mempunyai kemampuan
menghubungkan keperluan penduduk, bisnis, dan kegiatan lainnya. Bisa merupakan
suatu proses transaksi bisnis antara publik dengan pemerintah melalui sistem
otomasi danjaringan internet, lebih umum lagi dikenal sebagai world wide web.
Pada intinya egovernment adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat
meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain. penggunaan
teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru seperti: G2C
(Governmet to Citizen), G2B (Government to Business) , d a n G 2 G (Government
to Government).\ Manfaat e-government yang dapat dirasakan antara lain:
(1)
Pelayanan servis yang lebih baik kepada masyarakat. Informasi dapat disediakan
24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu, tanpa harus menunggu dibukanya kantor.
Informasi dapat dicari dari kantor, rumah, tanpa harus secara fisik datang ke
kantor pemerintahan.
(2)
Peningkatan hubungan antara pemerintah, pelaku bisnis, dan masyarakat umum.
Adanya keterbukaan (transparansi) maka diharapkan hubungan antara berbagai
pihak menjadi lebih baik. Keterbukaan ini menghilangkan saling curiga dan
kekesalan dari semua pihak.
(3)
Pemberdayaan masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh. Dengan adanya
informasi yang mencukupi, masyarakat akan belajar untuk dapat menentukan
pilihannya. Sebagai contoh, data-data tentang sekolah: jumlah kelas, daya
tampung murid, passing grade, dan sebagainya, dapat ditampilkan secara online
dan digunakan oleh orang tua untuk memilihkan sekolah yang pas untuk anaknya.
(4)
Pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien. Sebagai contoh, koordinasi
pemerintahan dapat dilakukan melalui e-mail atau bahkan video conference. Bagi
Indonesia yang luas areanya sangat besar, hal ini sangat membantu. Bidang
Keuangan dan Perbankan Saat ini telah banyak para pelaku ekonomi, khususnya di
kota-kota besar yang tidak lagi menggunakan uang tunai dalam transaksi
pembayarannya, tetapi telah memanfaatkan layanan perbankan modern. Layanan
perbankan modern yang hanya ada di kota-kota besar ini dapat dimaklumi karena
pertumbuhan ekonomi saat ini yang masih terpusat di kota-kota besar saja, yang
menyebabkan perputaran uang juga terpusat di kota-kota besar. Sehingga sektor
perbankan pun agak lamban dalam ekspansinya ke daerah-daerah. Hal ini sedikit
banyak disebabkan oleh kondisi infrastruktur saat ini selain aspek geografis
Indonesia yang unik dan luas. Untuk menunjang keberhasilan operasional sebuah
lembaga keuangan/perbankan seperti bank, sudah pasti diperlukan sistem
informasi yang handal yang dapat diakses dengan mudah oleh nasabahnya, yang
pada akhirnya akan bergantung pada teknologi informasi online, sebagai contoh,
seorang nasabah dapat menarik uang dimanapun dia berada selama masih ada
layanan ATM dari bank tersebut, atau seorang nasabah dapat mengecek saldo dan
mentransfer uang tersebut ke rekening yang lain hanya dalam hitungan menit
saja, semua transaksi dapat dilakukan. Pengembangan teknologi dan infrastruktur
telematika di Indonesia akan sangat membantu pengembangan industri di sektor
keuangan ini, seperti perluasan cakupan usaha dengan membuka cabang-cabang di
daerah, serta pertukaran informasi antara sesama perusahaan asuransi, broker,
industri perbankan, serta lembaga pembiayaan lainnya. Institusi perbankan dan
keuangan telah dipengaruhi dengan kuat oleh pengembangan produk dalam teknologi
informasi, bahkan mereka tidak dapat beroperasi lagi tanpa adanya teknologi
informasi tersebut. Sektor ini memerlukan pengembangan produk dalam teknologi
informasi untuk memberikan jasa-jasa mereka kepada pelanggan mereka. Program
pengembangan sistem informasi di Indonesia Program pengembanan sistem informasi
(program 16.6.01) dimaksudkan untuk mengembangkan sistem informasi yang
diperlukan untuk meningkatkan masuknya informasi ilmu pengetahuan dan teknologi
yang terjadi di dunia internasional,memperlancar pertukaran dan penyebaran
informasi ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan sistem
perencanaan, pengelolaan, pemantauan kegiatan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan
teknologi. Besarnya biaya yang dikeluarkan pemerintah untuk melakukan kajian,
penelitian, penerapan penguasaan dibidang teknologi informasi selama kurun
waktu tahun anggaran 1997/1998 sampai 2001 dapat dilihat pada Tabel dibawah
ini.
Tabel
di bawah memperlihatkan APBN (rupiah murni) untuk program pengembangan sistem
informasi, tahun anggaran 1997/1998 sampai 2001
Tabel.
APBN untuk pengembangan sistem informasi tahun 1997/1998 sampai 2001
No
Tahun Anggaran Anggaran (jutaan rupiah)
1
1997/1998 28.235
2
1998/1999 32.622
3
1999/2000 24.538
4
2000 52.236
5
2001 30.956
Kehadiran
teknologi internet yang semakin canggih telah merubah gaya hidup manusia dan
tuntutan pada kompetensi manusia. Kini kehidupan manusia semakin tergantung
pada komputer. Hal-hal berikut menggambarkan besarnya keterlibatan teknologi
informasi dalam kehidupan manusia.
OPINI PERKEMBANGAN ILMU INFORMATIKA
DAN
KEBUTUHAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM)
di INDONESIA
Zaman
sekarang ini semua yang dilakukan berhubungan dengan teknologi terutama
komputer.Menurut saya dengan hanya mengerti komputer saja tanpa mengerti teknis
dari penggunaan komputer tidak cukup untuk memajukan sebuah perencanaan seperti
memajukan perusahaan.Kita sangat memerlukan orang – orang yang mengerti dengan
semua tentang komputer.Ilmu informatika adalah salah satu bagian pengetahuan
yang berhubungan dengan komputer.Yang dimaksud dengan ilmu informatika adalah
ilmu yang mempelajari masalah transformasi atau pengolahan data dengan
memanfaatkan se-optimal mungkin teknologi komputer melalui proses-proses
logika.Perkembangan
ilmu
informatika di Indonesia masih baru dibandingkan perkembangannya di negara
lain.Walaupun begitu tidak terhambat bagi kita untuk lebih maju dibidang
informatika dengan lebih mengembangkan teknologi yang telah ada. Disaat ini
semua kegiatan seperti di perkantoran,bank,rumah sakit,sekolah dan lain-lain
pasti menggunakan yang namanya komputer.Dan disini sangat dibutuhkan seseorang
teknik informatika untuk mengaplikasikan semuanya.Alasan sangat diperlukan
seorang teknik informatika karena informatika mempelajari semua berhubungan
dengan komputer yaitu pemograman,software,sistem komputer dan jaringan
komputer.Dengan melihat semua yang dipelajari di teknik informatika ini kita
bisa menganalisa bahwa sangat dibutuhkan sekali teknik informatika di
Indonesia.Dari sebagian opini yang saya buat pasti kita melihat peluang
pekerjaan untuk lulusan teknik informatika sangat besar.Lulusan informatika
bisa memilih dimanapun mereka bekerja.Bisa di instansi pemerintahan,instansi
kesehatan (rumah sakit) atau dengan membangun perusahaan sendiri.Karena jenis
pekerjaan yang dapat diperoleh dari lulusan teknik informatika yaitu
Programmer, Sistem Analis,Web Designer,Software Engineer/Web engineer,Computer
network/Data Communication Engineer dan lain-lain. Di Indonesia untuk sekarang
ini masih kekurangan dengan lulusan teknik informatika.Ilmu informatika bisa
dikatakan ilmu yang tidak akan pernah punah.Maksudnya ilmu informatika pasti
akan selalu dibutuhkan,karena kemungkinan besar teknologi komputer akan selalu
berkembang tidak mungkin komputer akan hilang begitu saja.Dengan perkembangan
yang lebih canggih ilmu informatika akan selalu dibutuhkan untuk bisa
mengaplikasikan perkembangan teknologi yang baru.
Komputer
sangat dikaitkan dengan Teknologi, karena munculnya komputer dapat merubah
teknologi-teknologi lainya,Sehingga dengan adanya komputer ini, manusia dapat
mengerjakan pekerjaan lebih cepat dan efisien dan juga komputer dapat digunakan
sebagai sarana komunikasi yang sangat efisien.
Perkembangan
Teknologi selalu berjalan dan berkembang pesat, tak lain pula dengan dunia
komputer, yang saat ini terus mempunyai inovasi-inovasi baru. Salah satunya
komputer dengan tema go green, dan berbagai inovasi lain. Oleh karena itu,
semakin banyaknya teknologi yang berkembang ini, anda perlu mengetahui bagaimana
perkembangan teknologi saat ini.
Komputer
pertama kali dikenal pada tahun 1822 yang awalnya hanya digunakan untuk sebagai
alat penghitung cepat yang disebut difference engine. Setelah itu pada tahun
1833 Charles Babbage mengembangkan lagi difference engine dengan konsep yang
lebih mendalam dan umum. Mesin ini dapat
melaksanakan kalkulasi apa saja, sehingga mesin inilah yang untuk pertama kali
dikenal sebagai general purpose digital komputer yang disebut sebagai
analytical engine.
Pada
tahun 1937, Prof. Howard Aikem, seorang mulai merancang dan mengembangkan
pembuatan sebuah komputer yang dapat melakukan operasi aritmatika dan logika
secara otomatis. Komputer yang dirancang Prof Howard mulanya hanya mekanik
elektronik. Kemudian dengan bantuan perusahaan IBM, yaitu perusahaan elektronik
yang sekarang juga perusahaan komputer pada tahun 1944, komputer rancangannya
tersebut terselesaikan secara elektronik. Komputer tersebut diberi nama
“Harvard Mark I Automatic Sequence-Controlled Calculator (ASCC)”. Cukup rumit
memang, namun itulah cikal bakal dari komputer itu sendiri.
Pada
tahun 1948, mulailah ditemukannya transistor, inilah cikal bakal semua barang
elektronik mempunyai ukuran yang kecil secara drastis. Tak terkecuali dengan
komputer yang notabennya sebelumnya memiliki ukuran yang super besar. Pada
tahun 1956 transistor mulai digunakan pada komputer yang membuat komputer
bekerja lebih cepat, hemat, dan kecil. Mulailah berbagai perusahaan besar
menggunakan komputer sebagai penunjang memproses informasi keuangan.
Pada
tahun 1958 Jack Kilby mengembangkansirkuit terintegrasi (IC : integrated
circuit). IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan
silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil
memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang
disebut semikonduktor. Hasilnya adalah komputer semakin kecil, karena beberapa
fungsi komponen telah diambil alih oleh IC.
Komputer
semakin tahun semakin berkembang, dan akhirnya terbentuklah yang namanya
procesor yang ditemukan pada tahun 1971. Setelah kejadian itu, komputer menjadi
semakin kecil, karena banyak sekali komponen yang dijadikan satu dan perannya
digantikan oleh procesor. Setelah itu, seiring dengan perkembangan komputer,
ditemukanlah LAN untuk efisiensi pengiriman data, berbagi piranti, atau yang
lainnya. Setelah banyak berkembang dari tahun ke tahun, sekarang komputer
menjadi seperti yang kita lihat saat ini
FAKTA
TENTANG PERKEMBANGAN ILMU INFORMATIKA DAN KEBUTUHAN
SDM
di INDONESIA
Ilmu
informatika adalah ilmu yang saat ini sangat dibutuhkan dimanapun berada.Di
Indonesia saat ini yang paling banyak digemari adalah informatika dengan
tingkat pertumbuhan yang cukup tinggi dibandingkan dengan sistem komputer dan
sistem informasi.Ini berawal dari tahun 1990-an saat komputer pertama kali
diperkenalkan didalam dunia pendidikan di Indonesia setelah itu baru muncul
ilmu-ilmu mengenai komputer.Dan semenjak itu juga perguruan tinggi yang ada di
Indonesia mulai membuka program studi komputer yaitu teknik
informatika,manajemen informatika,ilmu komputer,dan sistem informasi. Lulusan
Teknik Informatika mempunyai kesempatan kerja yang sangat luas, pada sektor
industri dan bisnis di mana komputer digunakan secara intensif seperti pada
industri manufakturing, perminyakan, perbankan, konstruksi, asuransi,
transportasi, kesehatan, penelitian pendidikan dan lain-lain. Informatika
adalah ilmu yang digabungkan antara ilmu murni dan ilmu terapan.Ilmu
informatika dikatakan seperti itu karena informatika mencakup sebagai berikut :
1.
Logika karena struktur komputer dan pemograman berdasarkan rangkaian logika.
2.
Matematika diskrit karena komputer mampu menyelesaikan persoalan kombinatorik
secara cepat.
3.
Elektronika,mikro elektronika,dan arsitektur komputer karena komputer
diwujudkan sebagai
rangkaian
elektronika atau gabungan dari chips.
4.
Metodelogi Pemograman, karena yang paling mendasar dalam suatu sistem komputer
adalah
program,
mulai dari program skala kecil sampai dengan skala besar.
5.
Engineering (khususnya SW Engineering) karena perangkat lunak, yang berangkat
dari ilmu cobacoba
makin
mencari bentuk menjadi engineering.
6.
Komunikasi dan telekomunikasi bahkan telematika, karena akhirnya komputer
hanyalah suatu titik
dalam
jaringan komputer.
7.
Aspek kognitif dan komunikasi manusia, karena penggunaanya tetap manusia dan
perangkat keras maupun perangkat lunak dibuat nyaman untuk dipakai oleh manusia
(aspek multimedia, human computer interaction). Tetapi saat ini ilmu
informatika mencakup antara lain : Informatika teoritis, Informatika dasar
(pemograman), Sistem (Sistem Operasi, kompilator, dan perangkat lunak sistem
yang lain), Sistem Informasi (SIM, DSS, EIS), Jaringan Komputer, Basis Data,
Intelegensi Buatan, Robotika, Grafik dan citra,serta Perhitungan Numerik. Saat
ini Informatika adalah salah satu bentuk ilmu di Indonesia yang sedang
membangun kemajuan IPTEK dari negara lain. Jika kita membahas mengenai
perkembangan dalam bidang Informatika beserta teknologinya dalam era informasi
saat ini,maka kita juga harus mulai berfikir tentang pembangunan SDM
Informatika yang profesional dibidangnya.Saat sekarang ini kebutuhan akan
sumber daya manusia mengenai informatika masih sangat kurang .Padahal lulusan
informatika memiliki peluang kerja yang sangat besar karena lulusan tersebut
merupakan penunjang kebutuhan sumber daya di semua perusahaan. Lulusan
informatika bisa bekerja sebagai programmer,admin database,penganalisis
perangkat lunak serta bagi yang menguasai jaringan komputer bisa membuka usaha sendiri
sebagai jasa pembentukan jaringan komputer/internet.Dari semua pekerjaan yang
bisa didapatkan kita tidak perlu ragu lagi karena teknologi akan selalu
berkembang dan kebutuhan sumber daya manusiapun akan selalu dibutuhkan untuk
mengaplikasikannya.
KEBERADAAN
BEBERAPA PROGRAM STUDI IT TELKOM YANG TERCAKUP DALAM LINGKUP DISIPLIN COMPUTING
Beberapa
program studi yang tercakup dalam ruang lingkup disiplin computing yaitu :
Sistem Informasi : kombinasi dari teknologi
informasi dan aktivitas orang yang menggunakan
teknologi
itu untuk mendukung operasi dan manajemen.Sistem informasi sering digunakan
merujuk
kepada interaksi antara orang, proses algoritma,data,dan teknologi.
Sistem Komputer : ilmu yang terdiri dari
perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima
input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output
dalam bentuk informasi)
Teknik Telekomunikasi : teknik pengiriman atau
penyampaian informasi, dari suatu tempat ke tempat lain
Teknik Informatika : ilmu yang mempelajari
masalah transformasi atau pengolahan data dengan memanfaatkan se-optimal
mungkin teknologi komputer melalui proses-proses logika
PERKEMBANGAN,
IMPLIKASI, DAN PEMANFAATAN TI DAN TK DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA PERKEMBANGAN
TI DAN TK DI INDONESIA
Teknologi Siaran Sejak PELITA I
teknologi berupa siaran radio dan televisi telah diprogramkan. Memang sarana
dan prasarana pada waktu itu belum ada atau belum memadai, namun dengan
perkembangan teknologi siaran, seperti siaran langsung dari satelit dan
pemancar ulang berdaya rendah, telah memungkinkan dicapainya seluruh pelosok
tanah air. Teknologi ini terus berkembang sampai dengan PELITA berikutnya, yang
kemudian berkembang dengan munculnya televisi swasta dan jaringan televisi
siaran lokal. • Satelit Komunikasi Sejak tahun 1976, Indonesia telah memasuki
era informasi modern dengan beroperasinya SKSD PALAPA I. Sistem satelit
komunikasi ini merupakan kebutuhan yang unik bagi Indonesia, karena keadaan dan
letak geografisnya. Dasar pertimbangan pengembangan sistem ini adalah untuk
keperluan pendidikan, penerangan, hiburan, pemerintahan, bisnis, pertahanan
keamanan, dan perindustrian. • Komputer Perkembangan perangkat keras komputer
berlangsung sangat pesat. Selain daya muatnya yang semakin besar, kecepatan
operasinya juga semakin tinggi. Jika sepuluh tahun yang lalu microprocessor
komputer mampu mengakses memori dengan kecepatan perjutaan detik, maka saat ini
kecepatannya sudah dihitung dengan permiiliar (nano) detik. Komputer meja atau
personal computer saat ini sudah tidak dipandang sebagai barang mewah lagi,
melainkan sebagai suatu kebutuhan yang esensial untuk dapat mengikuti kemajuan.
Boleh dikatakan tidak ada satu kantorpun yang tidak memiliki dan mengoperasikan
komputer. • Teknologi Video (Perekam Video) Perkembangan dalam teknolofi video
sejalan dengan perkembangan komunikasi dan komputer, meskipun orientasi
utamanya adalah untuk keperluan hiburan. PERKEMBANGAN TI DAN TK MENURUT RAMALAN
PARA AHLI Dari dulu sejak sebelum maraknya penggunaan TI dan TK dalam kehidupan
dan dalam bidang pendidikan pada khususnya, para ahli telah mengungkapkan
ramalannya tentang penggunaan TI dan TK ini. Berikut ini kita bahas beberapa
ramalan para ahli tersebut. “Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran
dalam dunia pendidikan dari pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah
pendidikan yang lebih terbuka” (Mukhopadhyay M., 1995). Sebagai contoh kita
melihat di Perancis proyek “Flexible Learning”. Hal ini mengingatkan pada
ramalan Ivan Illich awal tahun 70-an tentang “Pendidikan tanpa sekolah
(Deschooling Socieiy),” yang secara ekstrimnya guru tidak lagi diperlukan.
Bishop G. (1989) meramalkan bahwa pendidikan masa mendatang akan bersifat luwes
(flexible), terbuka, dan dapat diakses oleh siapapun juga yang memerlukan tanpa
pandang faktor jenis, usia, maupun pengalaman pendidikan sebelumnya. Mason R.
(1994) berpendapat bahwa pendidikan mendatang akan lebih ditentukan oleh
jaringan informasi yang memungkinkan berinteraksi dan kolaborasi, bukannya
gedung sekolah. Tony Bates (1995) menyatakan bahwa teknologi dapat meningkatkan
kualitas dan jangkauan bila digunakan secara bijak untuk pendidikan dan
latihan, dan mempunyai arti yang sangat penting bagi kesejahteraan ekonomi.
Alisjahbana I. (1966) mengemukakan bahwa pendekatan pendidikan dan pelatihan
nantinya akan bersifat “Saat itu juga (Just on Time). Teknik pengajaran baru
akan bersifat dua arah, kolaboratif, dan inter-disipliner. Romiszowski &
Mason (1996) memprediksi penggunaan “Computer-based Multimedia Communication
(CMC). Dari ramalan dan pandangan para cendikiawan di atas dapat disimpulkan
bahwa dengan masuknya pengaruh globalisasi, pendidikan masa mendatang akan
lebih bersifat terbuka dan dua arah, beragam, multidisipliner, serta terkait pada
produktivitas kerja “saat itu juga” dan kompetitif.
PERKEMBANGAN DAN IMPLIKASI TI DAN
TI DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA
Kecenderungan
perkembangan dan implikasi dunia pendidikan di Indonesia di masa mendatang
adalah: 1. Berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh
(Distance Learning). 2. Sharing resource bersama antar lembaga pendidikan /
latihan dalam sebuah jaringan. 3. Penggunaan perangkat teknologi informasi
interaktif, seperti CD-ROM Multimedia, dalam pendidikan secara bertahap menggantikan
TV dan Video. DISTANCE LEARNING Dengan adanya perkembangan teknologi informasi
dalam bidang pendidikan, maka pada saat ini sudah dimungkinkan untuk diadakan
belajar jarak jauh dengan menggunakan media internet untuk menghubungkan antara
mahasiswa dengan dosennya, melihat nilai mahasiswa secara online, mengecek
keuangan, melihat jadwal kuliah, mengirimkan berkas tugas yang diberikan dosen
dan sebagainya, semuanya itu sudah dapat dilakukan. Faktor utama dalam distance
learning yang selama ini dianggap masalah adalah tidak adanya interaksi antara
dosen dan mahasiswanya. Namun demikian, dengan media internet sangat
dimungkinkan untuk melakukan interaksi antara dosen dan siswa baik dalam bentuk
real time (waktu nyata) atau tidak. Dalam bentuk real time dapat dilakukan
misalnya dalam suatu chatroom, interaksi langsung dengan real audio atau real
video, dan online meeting. Yang tidak real time bisa dilakukan dengan mailing
list, discussion group, newsgroup, dan buletin board. Dengan cara di atas
interaksi dosen dan mahasiswa di kelas mungkin akan tergantikan walaupun tidak
100%. Bentuk-bentuk materi, ujian, kuis dan cara pendidikan lainnya dapat juga
diimplementasikan ke dalam web, seperti materi dosen dibuat dalam bentuk
presentasi di web dan dapat di download oleh siswa. Demikian pula dengan ujian
dan kuis yang dibuat oleh dosen dapat pula dilakukan dengan cara yang sama.
Penyelesaian administrasi juga dapat diselesaikan langsung dalam satu proses
registrasi saja, apalagi di dukung dengan metode pembayaran online. Suatu
pendidikan jarak jauh berbasis web antara lain harus memiliki unsur sebagai
berikut: (1) Pusat kegiatan siswa; sebagai suatu community web based distance
learning harus mampu menjadikan sarana ini sebagai tempat kegiatan mahasiswa,
dimana mahasiswa dapat menambah kemampuan, membaca materi kuliah, mencari
informasi dan sebagainya. (2) Interaksi dalam grup; Para mahasiswa dapat
berinteraksi satu sama lain untuk mendiskusikan materi-materi yang diberikan
dosen. Dosen dapat hadir dalam group ini untuk memberikan sedikit ulasan
tentang materi yang diberikannya. (3) Sistem administrasi mahasiswa; dimana
para mahasiswa dapat melihat informasi mengenai status mahasiswa, prestasi
mahasiswa dan sebagainya. (4) Pendalaman materi dan ujian; Biasanya dosen
sering mengadakan quis singkat dan tugas yang bertujuan untuk pendalaman dari
apa yang telah diajarkan serta melakukan test pada akhir masa belajar. Hal ini
juga harus dapat diantisipasi oleh web based distance learning (5) Perpustakaan
digital; Pada bagian ini, terdapat berbagai informasi kepustakaan, tidak
terbatas pada buku tapi juga pada kepustakaan digital seperti suara, gambar dan
sebagainya. Bagian ini bersifat sebagai penunjang dan berbentuk database. (6)
Materi online diluar materi kuliah; Untuk menunjang perkuliahan, diperlukan
juga bahan bacaan dari web lainnya. Karenanya pada bagian ini, dosen dan siswa
dapat langsung terlibat untuk memberikan bahan lainnya untuk di publikasikan
kepada mahasiswa lainnya melalui web.
CONTOH LAIN PEMANFAATAN ATAS
PERKEMBANGAN TI DAN TK UNTUK PENDIDIKAN DI INDONESIA:
•
Perpustakaan elektronik (e-library) Revolusi teknologi informasi tidak hanya
mengubah konsep pendidikan di kelas tetapi juga membuka dunia baru bagi
perpustakaan. Perpustakaan yang biasanya merupakan arsip buku-buku dengan
dibantu teknologi informasi dan internet dapat dengan mudah mengubah konsep
perpustakaan yang pasif menjadi lebih agresif dalam berinteraksi dengan
penggunanya. Dengan banyaknya perpustakaan tersambung ke internet, sumber ilmu
pengetahuan yang biasanya terbatas ada di perpustakaan menjadi tidak terbatas •
Surat elektronik (e-mail) Dengan aplikasi e-mail, seorang guru, orang tua,
pengelola, dan siswa dapat dengan mudah saling berhubungan. Pihak sekolah dapat
membuat laporan perkembangan siswa dan prestasi belajar baik diminta orang tua
atau pun tidak. Dalam kegiatan belajar diluar sekolah, siswa yang menghadapai
kesulitam materi pelajaran dapat bertanya lewat e-mail kepada pihak sekolah
atau guru bidang studi. Demikian pula untuk guru yang berhalangan hadir dapat
memberikan tugas via e-mail kepada siswa. • Ensiklopedia Sebagian perusahaan
yang menjalankan ensiklopedia saat ini telah mulai bereksperimen menggunakan
CD-ROM untuk menampung ensiklopedia sehingga duharapkan ensiklopedia di masa
mendatang tidak hanya berisi tulisan dan gambar saja, tetapi juga video dan
audio. • Jurnal atau majalah ilmiah Salah satu argumentasi umumnya di dunia
pendidikan Indonesia adalah kurangny akses informasi ke jurnal atau majalah
ilmiah yang berada di internet sehingga memudahkan bagi para siswa untuk
mengakses informasi ilmiah terkahir yang ada di seluruh dunia. • Pengembangan
homepage dan sistim distribusi bahan belajar secara elektronik (digital) Sistem
pembelajaran melalui homepage dapat dikembangkan dalam bentuk sekolah maya
(virtual school) sehingga semua kegiatan pembelajaran mulai dari akses bahan
belajar, penilaian, dan kegiatan administrasi pendukung dapat secara online
selama 24 jam. • Video teleconference Keberadaan teknologi informasi video teleconference
memungkinkan bagi anak-anak di seluruh dunia untuk saling mengenal dan
berhubungan satu dengan lainnya. Video teleconference di sekolah merupakan
saranan untuk diskusi, simulasi dan dapat digunakan untuk bermain peran pada
kegiatan belajar mengajar yang bersifat social. Disamping itu dapat pula untuk
pengamatan proses eksperimen dari seorang guru
BAB VI
PENUTUP
KESIMPULAN
Perkembangan teknologi informasi
Indonesia sangat dipengaruhi oleh kemampuan sumber daya manusia dalam memahami
komponen teknologi informasi, seperti perangkat keras dan perangkat lunak
komputer; sistem jaringan baik berupa LAN ataupun WAN dan sistem telekomunikasi
yang akan digunakan untuk mentransfer data. Kebutuhan akan tenaga yang berbasis
teknologi informasi masih terus meningkat; hal ini bisa terlihat dengan
banyaknya jenis pekerjaan yang memerlukan kemampuan di bidang teknologi
informasi di berbagai bidang; juga jumlah SDM berkemampuan di bidang teknologi
informasi masih sedikit, jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia.
Keberadaan bisnis yang tersebar di banyak tempat dengan berbagai ragam
perangkat keras dan lunak mulai menyadari tentang betapa pentingnya untuk
mempercayakan dukungan bagi keberhasilan pengolahan data komputernya kepada
satu sumber yang dapat dipercaya. Jika dilihat pada saat sekarang ini
perkembangan teknologi informasi terutama di Indonesia semakin berkembang. Dengan
adanya teknologi informasi dan komunikasi dapat memudahkan kita untuk belajar
dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan
dari siapa saja. Dalam dunia pendidikan perkembangan teknologi informasi mulai
dirasa mempunyai dampak yang positif karena dengan berkembangnya teknologi
informasi dunia pendidikan mulai memperlihatkan perubahan yang cukup
signifikan. Banyak hal yang dirasa berbeda dan berubah dibandingkan dengan cara
yang berkembang sebelumnya. Saat sekarang ini jarak dan waktu bukanlah sebagai
masalah yang berarti untuk mendapatkan ilmu, berbagai aplikasi tercipta untuk
memfasilitasinya.
Di Indonesia yang notabenenya
sebagai negara berkembang dimana ketersediaan infrastruktur komunikasi yang
masih minim mengakibatkan kesempatan setiap orang untuk mendapatkan informasi
dan pengetahuan menjadi terbatas. Ketersediaan infrastruktur ini sangat terasa
di daerah-daerah yang proses memperoleh informasinya masih terbatas. Hal ini
dikarenakan di Indonesia penyebaran teknologi informasi dan komunikasi belum
merata, sekarang ini hanya di kota-kota besar sajalah yang sudah dengan mudah
menikmati dan memanfaatkan fasilitas yang tersedia. Dengan demikian
perkembangan pendidikan pun menjadi terhambat dan juga tidak merata.
Salah satu wadah yang
dirasa paling berperan dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi di
Indonesia saat ini adalah internet. Di Indonesia terutama yang berada di
kota-kota besar sudah banyak masyarakat yang mempunyai akses internet, sehingga
pemanfaatan internet sebagai salah satu media pembelajaran dan pencarian
informasi dan pengetahuan dapat lebih maksimal walaupun akses internet di
Indonesia belum sepenuhnya dapat dirasakan semua orang.
Informasi melalui media internet,
bisa menjadi salah satu kunci untuk membuat dunia pendidikan di Indonesia
mempunyai standar yang sama dengan negara lain. Dengan menggunakan media
internet, pemerintah dan institusi pendidikan sudah mulai menerapkan pola
belajar yang cukup efektif untuk diterapkan bagi masyarakat yang memiliki
kendala dengan jarak dan waktu untuk mendapatkan informasi terutama informasi
dalam dunia pendidikan. Salah satu metode yang mulai diterapkan yaitu
pembelajaran distance learning. Metode distance learning merupakan suatu metode
alternatif dalam pemerataan kesempatan dalam bidang pendidikan. Sistem ini
diharapkan dapat mengatasi beberapa masalah yang ditimbulkan akibat
keterbatasan tenaga pengajar yang berkualitas. Metode distance learning sangat
membantu siswa atau masyarakat dalam mempelajari hal-hal atau ilmu-ilmu baru
dengan tampilan yang lebih menarik dan mudah untuk dipahami. Dalam pengaksesan
dan pemanfaatan metode ini, peran internet sangatlah diperlukan, karena melalui
internet seseorang dapat mengirim file atau meng-upload file yang ingin
dipublikasikan dan melalui internet juga seseorang dapat mengakses file yang
ingin dicari. Selain metode distance learning, masih banyak metode-metode lain
yang sangat membantu dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia,
diantaranya dengan adanya modul-modul pembelajaran gratis yang tersedia, portal
pembelajaran online, dll.
Jika kita bercermin ke negara lain,
perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia bisa dibilang
cukup tertinggal. Peran pemerintah sangat diharapkan untuk meningkatkan
pertumbuhan dan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia.
Pemerintah diharapkan dapat menyamaratakan perkembangan teknologi informasi
disemua daerah di negara ini. Pemerintah diharapkan dapat membantu daerah-daerah
yang penyampaian proses informasinya masih minim dan tidak hanya fokus pada
daerah atau kota-kota besar saja seperti yang terjadi pada saat sekarang ini,
karena pada kenyataannya peran daerah dalam mendukung perkembangan teknologi
informasi dan perkembangan pendidikan di Indonesia sangatlah penting.
Dengan belum meratanya penyebaran
teknologi informasi akan berpengaruh terhadap proses perkembangan pendidikan.
Hal ini dikarenakan peran teknologi informasi di dunia pendidikan sangatlah penting.
Dengan adanya teknologi informasi segala macam ilmu pengetahuan dan informasi
dapat diterima dan didapatkan dengan mudah dan cepat. Dalam kehidupan kita
dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan komunikasi merupakan sektor
yang paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini, maka dia akan
menjadi pemimpin dalam dunianya
PENDAPAT
Menurut pendapat saya
jika fakultas informatika membuka program studi baru sebaiknya adalah teknik
perangkat lunak (Software Engineering) karena ilmu yang mendalami cara-cara
pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen
organisasi pengembangan perangkat lunak dan manajemen kualitas.Jika dibanding
dengan teknologi informasi kita hanya memiliki kemampuan terbatas yaitu kita
hanya bisa melakukan hal-hal yang berhubungan dengan informasi dan komunikasi
sedangkan pada software sendiri kita juga akan mengerti dengan sistem operasi
dan bahasa pemograman, jadi prospek kerja akan lebih berpeluang untuk teknik
perangkat lunak.
DAFTAR PUSTAKA
http://afdanir.wordpress.com/2011/03/29/isu-sosial-akibat-kemajuan-dan-penggunaan-teknologi/
http://umum.kompasiana.com/2009/07/06/masalah-masalah-sosial/
http://organisasi.org/definisi-pengertian-masalah-sosial-dan-jenis-macam-masalah-sosial-dalam-masyarakat
Bagikan
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI (Makalah)
4/
5
Oleh
D_Jadi